Archives

Kbps, kBps atau kbps itu BEDA ! 384 kbps sama dengan 45kBps



































Saya pernah melihat iklan modem internet di TV yang mengatakan bahwa kecepatannya mencapai 384 kbps waktu saya coba ternyata kecepatan maksimumnya hanya mencapai 45 kBps !!! wah apakah saya dan pelanggan lainnya dibohongi ???yok kita lihat penjelasannya !!
mbak WIDI menjelaskan bahwa KB adalah singkatan dari KiloByte, dimana 1 KiloByte = 1024 Byte. Sedangkan Kb adalah singkatan dari Kilobit, dimana 1 Kilobit = 1000 bit = 125 Byte, karena 1 Byte adalah 8bit. Biasanya orang sering salah dalam penulisan atau mengartikan perbedaan antara “KB” dengan “Kb”. Bit adalah satuan terkecil yang ada di komputer. Bit mempunyai 2 keadaan, “on” atau “off”, “0″ atau “1″. Satu huruf, misalkan huruf A, pada komputer diterjemahkan dalam 8 bit: 01000001. Jadi bisa dibilang jika kita menyimpan 1 huruf A di komputer, maka huruf A tersebut akan memakai memori sebesar 8 bit atau 1 Byte. Di dalam komputer, kedua satuan ini sangat berbeda.
Meskipun definisi awalan Sistem Internasional Satuan, ukuran kilobyte yang secara tradisional telah ambigu. Memori sirkuit elektronik menggunakan arsitektur biner, yang berarti bahwa jumlah lokasi penyimpanan dialamatkan adalah kekuatan dari 2, dan ukuran memori sehingga tidak kelipatan integer (atau fraksi) dari 1000, tapi 1024. Namun, seperti 1024 (210) adalah sekitar 1000, didirikan simbol awalan k (kilo) digunakan sebagai awalan yang nyaman untuk kapasitas memori di kelipatan. Di sisi lain, untuk produk mana faktor-faktor kapasitas tidak terikat pada kekuatan dari dua, seperti disk magnetik (sektor dan melacak jumlah) dan peralatan jaringan (bit rate), unit desimal berbasis ketat digunakan.
Beberapa telah menyarankan bahwa awalan dikapitalisasi “K” digunakan untuk membedakan kuantitas dari “k” awalan SI, tetapi hal ini tidak pernah secara resmi dimandatkan. Selanjutnya, tidak dapat dikembangkan untuk prefiks tingkat tinggi, seperti SI sudah menggunakan prefiks “m” dan “M” berarti mili dan mega, masing-masing. Ada juga usulan untuk memanfaatkan semua prefiks lebih-dari-kesatuan (D, H, K, M, G, …), yang akan bertentangan dengan ini. Lihat SI prefix.
Prefiks ini, sehingga digunakan dengan baik desimal (kekuasaan 1000) atau biner (kekuasaan 1024) nilai-nilai, tergantung pada konteks:
* 1000 byte (103): Definisi ini direkomendasikan untuk semua penggunaan oleh organisasi standar internasional seperti IEC, IEEE, dan ISO, dengan “kB” singkatan. Unit ini adalah umum untuk jumlah yang tidak didasarkan pada kekuatan dari dua, seperti bitrate. Definisi ini digunakan untuk jumlah penyimpanan di perangkat lunak seperti kernel Linux dan Mac OS X 10.6.
* 1024 byte (210): Unit ini digunakan ketika menyatakan jumlah yang didasarkan pada kekuatan dari dua, seperti ukuran chip memori. Perangkat lunak seperti Microsoft Windows juga menyatakan jumlah penyimpanan dalam kelipatan 1024 byte. Meskipun penggunaan kilobyte untuk ukuran ini adalah umum, penggunaan ini telah tegas dilarang oleh standar SI dan lainnya standar organisasi. Untuk menunjukkan kuantitas 1024 byte, yang kibibyte unit (KIB) telah direkomendasikan. Namun, standar memori JEDEC menggunakan awalan kilo, mega dan giga dalam interpretasi biner.
Jadi simbol Kb secara historis digunakan untuk kedua kilobyte dan kilobit. Menggunakan B huruf besar untuk byte (kB) dan sedikit untuk (kbit yaitu) digit biner mencegah ambiguitas ini, dengan kata lain kecepatan yang saya lihat di iklan yaitu 384 kbps memang tak jauh beda dengan 45 kBps.

Need Translate ?

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified